Tentang Tantangan dalam Hidup

Di dalam hidup ini, di setiap tahap apapun kita akan menemukan apa yang disebut dengan tantangan. Tantangan inilah yang kemudian akan membedakan jalan hidup kita kelak: Orang-orang yang mampu menjawab tantangan dan melewatinya kemungkinan besar akan menjadi orang yang sukses. Sebaliknya bagi orang yang menolak untuk menjawab tantangan ini, atau gagal dalam melewatinya, berpeluang lebih besar untuk tetap dalam kondisinya saat ini. Bahkan bisa jadi keadaannya malah memburuk.

Orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang mampu fokus terhadap apa yang dilakukannya saat ini, berusaha dengan segenap daya dan kekuatannya untuk mendapatkan pengetahuan praktikal tentang apa yang perlu dikuasainya di dunia profesi yang ditekuninya saat ini. Orang-orang yang tak kenal lelah dalam belajar, serta mau menerima kritik dan masukan selama proses yang disebut oleh Greene sebagai Ideal Apprenticeship. Hingga pada akhirnya ia merasa bahwa tidak ada lagi yang bisa dipelajari di suatu bidang tertentu.

Aku menuliskan tulisan ini setelah membaca sedikit tentang apa yang disampaikan oleh Robert Greene dalam bukunya: Mastery. Sebuah buku yang sangat berbobot kukira. Meskipun aku belum menamatkannya. Poinku saat ini adalah, bahwa aku merasa bahwa tulisan beliau tersebut sangat recommended untuk dibaca oleh orang-orang. Siapapun itu yang ingin sukses di dalam hidupnya.

Tinggalkan komentar